Senin, 28 Mei 2012

Tiga Gerbang Masuk Program Sarjana Universitas Indonesia

 

Gerbang 1. SPMB

SPMB adalah seleksi penerimaan calon mahasiswa/i yang diselenggarakan secara Nasional sebagai pengganti Ujian Masuk PTN(UMPTN). Sebagian besar mahasiswa/i baru program sarjana Reguler di UI diterima melalui  SPMB.

Gerbang 2. PPKB

Dalam rangka pemerataan kesempatan, UI mengirimkan undangan kepada siswa SMU yang berprestasi di seluruh wilayah Indonesia untuk masuk UI tanpa seleksi.Program ini dahulu bernama PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan ) kemudian berubah nama menjadi PPKB (Program Pemerataan Kesempatan Belajar). Untuk standarisasi mutu, khusus bagi Mahasiswa yang diterima melalui PPKB  harus mengikuti program martikulasi mata kuliah tertentu selama kurang lebih empat minggu. Siswa SMU yang mendapatkan undangan, harus datang sendiri pada saat pendaftaran, jika tidak maka dianggap mengundurkan diri.

Gerbang 3. Kelas Internasional (Twinning Program )

Lima Fakultas di UI yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi menyelenggarakan kelas internasional bekerjasama dengan Universitas-universitas terkemuka di Australia untuk program sarjana dengan gelar ganda (Double Degree). Seleksi dilakukan di masing-masing Fakultas , dan umumnya terdiri atas seleksi secara Akademik dan Bahasa Inggris. Keuntungan kelas internasional adalah diperolehnya gelar ganda dari UI dan dri universitas mitra di Australia. Disamping itu biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan kuliah sarjana secara penuh di Australia. Penjaminan mutu dilakukan UI dengan memilih Universitas mitra terbaik di Australia yang memiliki reputasi Internasional.
semoga bermanfaat !
Copy from : Buku Go To Campus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar